Mardewrezt's Blog

October 20, 2009

Pengembaraan Desember Tradisional 2008

Filed under: SCout Teladan — mardewrezt @ 11:18 pm

Indonesia membutuhkan generasi muda yang mampu membuat bangsa Indonesia menuju gerbang kemakmuran dan kemajuan. Untuk mewujudkan cita-cita dan angan-angan tersebut, para muda sebagai penerus bangsa yang akan menentukan nasib bangsa selanjutnya harus diberi sarana dalam mengembangkan minat serta bakatnya.

Oleh karena itu, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 1205 Kota Yogyakarta dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega mengadakan kegiatan PENGEMBARAAN DESEMBER TRADISIONAL XXXVII TAHUN 2008 RUTE PANGERAN MANGKUBUMI. Pengembaraan Desember Tradisional merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setahun sekali sejak tahun 1970 oleh Kwartir Cabang Kota Yogyakarta dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega Kota Yogyakarta. Bentuk kegiatannya adalah dengan melakukan gerak jalan / long march selama 4 hari 3 malam ( dimulai dari tanggal 26 Desember 2008 sampai dengan tanggal 29 Desember 2009 ) menelusuri rute yang telah ditentukan dan bermalam di basecamp-basecamp yang telah disediakan. PDT tahun ini mengambil Rute Pangeran Mangkubumi yang melewati Monumen Jogja Kembali-Turi-Cangkringan-Kalasan-Brebah-Balai Kota, dengan pembukaan di Monumen Jogja Kembali dan penutupan di Balaikota Yogyakarta. Menurut rencana upacara pembukaan yang dilaksanakan di Monumen Jogja Kembali akan dibuka oleh Sri Paduka Paku Alam IX. Kegiatan ini melibatkan Pramuka ditingkat SMA/SMK/MAN dan Perguruan Tinggi se-DIY. Satu tim perjalanan terdiri dari 4 – 8 orang.

Sebelum PDT dimulai, diadakan berbagai macam perlombaan yang diharapkan dapat mengasah bakat dan talenta anggota PDT. Perlombaan yang diadakan antara lain Lomba Asah Terampil, Lomba Ketrampilan Pramuka, Lomba Pertolongan Pertama, Festival Kesenian Rakyat, Lomba Baris-berbaris dan Lmmba Jurnalistik. Rangkaian perlombaan tersebut dimulai pada awal bulan Desember 2008 hingga tanggal 21 Desember 2008.

Selama berlangsungnya PDT , disuguhkan berbagai acara pada saat peserta beristirahat di perjalanan agar dapat menghapus rasa letih dan capek para peserta. Acara tersebut antara lain final lomba asah terampil ( hari pertama ), bakti sosial dan final pentas kesenian rakyat ( hari kedua ), nonton film bareng ( hari ketiga ) dan pembagian piala pemenang lomba di hari terakhir.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini akan memberi banyak manfaat bagi para pesertanya antara lain menumbuhkan semangat cinta budaya bangsa kepada generasi muda dalam hal ini Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, mempertebal semangat patriotisme, disiplin, meningkatkan daya kreasi dan kecerdasan, dan mengembangkan kepemimpinan serta ketrampilan yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: