Mardewrezt's Blog

October 19, 2009

Tak Gendong Sampai ke Surga

Filed under: SOSOK — mardewrezt @ 11:17 pm

“ Tak gendong kemana-mana…..tak gendong kemana-mana…..Daripada naik pesawat kedinginan mending tak gendong to,,,enak to,,,mantep to,,,,”

Cuplikan lagu berjudul “ Tak Gendong “ yang dilantunkan oleh Mbah Surip tersebut sangat ringan, unik dan mudah diingat walaupun kita hanya satu dua kali mendengarkannya. Tembang-tembangnya yang lainnya seperti Bangun Tidur dan I Love You Full juga ringan dinyanyikan, liriknya gampang dan cocok dinyanyikan oleh semua kalangan dari anak-anak hingga usia remaja.

Penampilannya beda daripada yang lain yaitu dengan rambut pasta ala penyanyi reggae Bob Marley dari Jamaica dan tawanya yang khas dan lepas. Mungkin hal-hal tersebut yang membuatnya sangat digemari dan dielu-elukan banyak orang dan hitsnya selalu menduduki rangking atas chart music Indonesia.

Namun, hari Selasa tanggal 4 Agustus 2009 silam, penyanyi dengan nama asli Urip Achmad Rijanto tersebut harus dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Kematiannya mampu mengalihkan dunia banyak orang dan menarik perhatian berbagai media massa.

Ketika berita tentang kematian Mbah Surip telah tertuang ke media massa, aku dan teman-teman XII IPS SMA 1 YK yang pada hari Selasa siang itu sedang menikmati pelajaran Matematika Bu Karsini, lantas langsung histeris ketika mengetahui berita perihal kematian Mbah Surip saat temanku membaca berita kematiannya di Facebook. Salah satu dari temanku sekelas kemudian meminta ijin menyalakan televisi di ruang kelas 308 itu pada Bu Karsini untuk menyaksikan pemberitaan kematian Mbah Surip ( padahal waktu itu sedang gencar-gencarnya Bu Karsini menjelaskan materi tentang Integral yang membuat perutku jadi mual-mual karena aku ga dong….!!!).

Akhirnya, sekitar lima menit sebelum jam pelajaran Matematika usai, Bu Karsini mengijinkan untuk menyalakan televisi dan kami pun dengan seksama memperhatikan berita kematiannya penyanyi unik nan nyentrik tersebut.

Contoh pengalamanku di atas membuktikan bahwa kematian Mbah Surip mampu mengalihkan dunia banyak orang dan menyita perhatian seluruh penggemarnya. Blantika musik Indonesia sungguh kehilangan musisi handal itu.

Ketika aku membuka situs http://www.liputan6.com , disitu dikatakan bahwa berita kematian Mbah Surip mampu menggeser berita tentang sidang gugatan Pemilu Presiden yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi yang sebenarnya dijadikan Headline News Liputan 6 SCTV. Gedung MK, tempat sidang dilangsungkan, tak lagi menempati prioritas. Reporter pun mulai membuat tema liputan baru.
Tak hanya itu saja, namun kematian beliau juga telah membawa keuntungan bagi toko-toko kaset dan CD. Toko-toko kaset langsung dibanjiri oleh penggemar Mbah Surip yang termotivasi untuk mengoleksi album-albumnya.

Kematian Mbah Surip memang menyisakan kepedihan bagi dunia permusikan tanah air dan para penggemarnya. Namun karya-karyanya akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia dan namanya akan selalu terukir indah di jajaran penyanyi legendaris Indonesia.

Mungkin lirik dari dua lagu Mbah Surip yang sedikit aku plesetkan di bawah ini cocok dilantunkan untuk mengantarkan kepergian Mbah Surip ke alam baka:

1. Tak Gendong

Tak gendong sampai ke surga ….tak gendong sampai ke surga…..enak to…mantep to tak gendong sampai ke surga

2. Bangun Tidur
Bagun tidur….tidur lagi…bangun tidur …..tidur lagi…bangunnnnnnnnnnnnnn……

..tidur lagi…..( tidurlah dengan tenang Mbah Surip )

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: