Mardewrezt's Blog

October 19, 2009

From Prambanan With Love

Filed under: Uncategorized — mardewrezt @ 11:14 pm

31 Juli 2009. Jauh hari sebelum tanggal 31 Juli 2009 aku sudah melingkari tanggal tersebut di kalenderku. Tanggal itu sangat istimewa dan kunanti-nanti karena pada hari itu aku dan temaqn-teman XII IPS berencana mengadakan studi lapangan di Candi Prambanan dengan menggunakan transportasi Bus Trans Jogja. “ Berwisata ke Candi Prambanan .” Mungkin banyak dari kita yang akan menganggap berwisata ke Candi Prambanan sebagai hal yang biasa saja. Terlebih lagi bagi orang Yogyakarta yang pasti sebagian besar pernah mengunjungi situs budaya tersebut. Aku pun juga pernah ke Candi Prambanan, tapi kali ini aku menganggap beda dan istimewa karena aku akan mengunjungi candi Hindu itu bersama teman-temanku sekelas yang sangat asik dan riang gembira. Dan yang membuatku lebih bahagia lagi karena waktu untuk studi lapangan ke Candi Prambanan mengambil jam pelajaran ketiga hingga jam pelajaran usai hari Jumat, 31 Juli 2009 ( jadi dari jam pelajaran ketiga sampai selesai ga ada pelajaran! ). Hehehehehe .

31 Juli 2009. Hari yang dinantikan itu pun tiba. Setelah jam pelajaran ketiga usai , murid-murid kelas XII IPS dengan langkah riang gembira segera menuju halte Bus Trans Jogja sebelah barat SMA 1 Yogyakarta. Dengan dipandu oleh Wali Kelas kami yaitu Pak Didik, kami berbaris rapi untuk antre di halte Trans Jogja. Raut wajah pada beberapa anak terlihat lucu dan dan penuh kekaguman. Yap, itu karena beberapa anak ada yang belum pernah naik Trans Jogja…..hheu. Perjalanan kami menuju Candi Hindu terbesar di Indonesia itu diwarnai dengan canda tawa. Di dalam bus Trans Jogja kami tak segan-segan membuat kegaduhan ( untung saja di dalam bus ga banyak orang selain murid-murid XII IPS ). Kami juga dengan senang berkenalan dan bercanda bersama anak kecil yang ada di bus.

Ketika jam menunjukkan sekitar pukul 10.50 WIB, rombongan kami pun sampai di tempat tujuan. Kami harus rela berjalan kurang lebih 1 km dari halte bus Trans Jogja hingga sampai di pelataran Candi Prambanan. Pemandangan di sekitar Candi Prambanan begitu mempesona dan menakjubkan. Sungguh betapa situs budaya tersebut merupakan maha karya Tuhan yang luar biasa. Candi Prambanan dengan tiga candi utamanya yang menjulang tinggi ke angkasa mampu membelalakkan mata kami. Agar tidak membuang banyak waktu, kami segera membeli tiket masuknya dan memasuki kompleks candi. Kami mengawali aktivitas di Candi Prambanan dengan makan siang bersama di dekat kolam air dekat penjualan tiket masuk.

Dan yang paling diuntungkan dengan diadakannya studi lapangan ke Candi Prambanan ini adalah teman sekelasku yang sangat gembul ( baca : gemar bule ) yaitu Bella. Di Candi Prambanan, tak sulit bagi kita untuk mencari bule, mulai dari bule yang kulitnya pucat kayak orang mati, bule yang homo, bule yang suka ngebir, bule yang tinggi kayak jerapah hingga bule yang kalau buang air besar hanya dibersihkan dengan menggunakan tisu , >_<…… Dalam kesempatan ini, Bella berusaha sekeras tenaga mengejar bule-bule yang ia sukai.
Di depan kompleks candi utama kami berpose-pose ria dulu. Kami memasang berbagai macam gaya dari gaya yang paling manis hingga gaya yang paling menjijikkan. Dan setelah sesi foto-foto selesai, inilah awal perjuangan Bella. Bella melihat bule cowo yang sangat manis, tinggi dan eksotis. Hatinya bergetar seraya melihat wajah manis bule itu. Bella terus mengikuti bule itu,, tapi entah kenapa Bella selalu malu dan ga berani berkenalan dengannya. Sedangkan murid-murid yang lain sibuk memasuki candi dan berfoto-foto di depan candi. Keberuntungan akhirnya berpihak pada Bella. Ia berhasil berkenalan dengan 2 bule asal Holland. Bella berbicara dengan 2 bule itu dengan lancar dan akrab , seakan-akan ia sedang berbicara dengan temannya sendiri.

Bagaimana nasib murid-murid yang lain??Murid-murid berlatih ngomong Bahasa Inggris dengan berbincang-bincang bersama wisatawan-wisatawan asing asal Prancis. Wisatawan mancanegara itu sedang melakukan liburan panjang di Indonesia. Sebelum singgah di Yogyakarta, sebelumnya mereka sudah menikmati indahnya liburan di Solo, Bali dan Sulawesi.

Kali ini adalah keberuntungan Bella yang kedua. Ia berkenalan dengan bule remaja asal Holland bernama Lisa dan yang satunya aku lupa namanya. Bule remaja itu masih seumuran jagung,,ya umurnya masih sekitar 15 tahun lah…Setelah selesai berbincang dengan bule asal Holland, aku memotret Bella dan 2 bule itu. Raut wajah Bella menunjukkan keceriaan dan kebahagiaan. Ternyata, tak hanya Bella yang menggemari bule, diam-diam Win juga ada rasa yang lebih dengan Lisa ( bule asal Holland itu ). Dengan semangat 45 dan penuh percaya diri, Win berkenalan dengan Lisa dan ngobrol cukup lama. Pokoknya, aku acungkan 4 jempolku deh buat Bella sama Win yang sudah menunjukkan keberaniannya.

Waktu sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB. Sudah cukup lama kami berjalan mengelilingi Candi Prambanan. Rasa capek dan lapar menghinggapi kami. Kini saatnya kami kembali pulang ke kampus SMA 1 Yk, namun sebelumnya kami mampir ke masjid mewah sebelah selatan Candi Prambanan dulu untuk melaksanakan sholat ( bagi yg sholat ). Sekitar pukul 14.20 WIB, kami melaksanakan perjalanan pulang menuju sekolah kami tercinta, SMA 1 YK. Di dalam bus, Bella tak henti-hentinya menceritakan pengalamannya berkenalan dengan bule-bule di Candi Prambanan. Cerita dari Bella yang menghebohkan mendapat sambutan yang luar biasa dari teman-teman. Bus yang mengantar kami pulang tiba di halte sebelah barat SMA 1 sekitar pukul 15.00 WIB. Kami segera turun dari bus dan saling melambaikan tangan sebagai pertanda kami akan pulang ke rumah kami masing-masing. Hari Jumat, 31 Juli 2009 sungguh hari yang menyenangkan.