Mardewrezt's Blog

October 18, 2009

Cara-cara Memanfaatkan Jam Kosong

Filed under: Uncategorized — mardewrezt @ 11:35 pm

“ Maaf anak-anak, hari ini saya tidak dapat mengajar karena ada diklat guru mata pelajaran. Jadi, kalian saya tinggal dan saya beri tugas , “ kata Pak Guru kepada murid-murid di kelas.

Kalimat yang dilontarkan oleh seorang guru di atas mungkin sudah sering kita dengar. Entah alasannya karena ada diklat guru, ada acara keluarga, dll, guru tidak dapat memberikan pelajaran di kelas dan biasanya memberi tugas.
Ramai, gaduh dan berisik. Itulah suasana yang tergambar pada saat jam pelajaran kosong. Apalagi kalau tidak ada tugas dari guru, murid-murid dapat melakukan aktivitas apa yang mereka suka.
Jam pelajaran kosong dapat bermanfaat bagi kita jika kita pun memanfaatkan jam kosong itu dengan melakukan hal yang positif. Hal positif yang dapat dilakukan pada saat jam kosong itu antara lain :
1. Mengerjakan tugas dari guru dengan baik
Hal utama inilah yang harus dikerjakan saat jam pelajaran kosong. Kita bisa mengerjakan tugas tersebut bersama dengan teman-teman. Kita dapat saling berbagi ilmu pengetahuan yang tentu akan menambah ilmu pengetahuan kita. Namun, hal yang tidak boleh dilakukan adalah mencontek tugas milik orang lain dengan langsung meng-copy paste jawabannya. Karena dengan melakukan hal itu, berarti kita membiarkan diri sendiri menjadi bodoh lantaran tidak mau tahu bagaimana proses menyelesaikannya.

2. Belajar bersama teman-teman
Jika tugas yang dikerjakan sudah selesai atau guru yang bersangkutan tidak memberikan tugas, kita dapat melakukan hal positif lainnya di kelas seperti belajar bersama teman-teman. Seperti yang dipaparkan di atas, belajar bersama teman-teman sangat bermanfaat karena dapat saling berbagi ilmu dengan teman. Saat kegiatan belajar bersama dilakukan, sesekali kita dapat melontarkan lelucon dan obrolan-obrolan ringan untuk istirahat sejenak. Hal tersebut niscaya akan semakin dapat mempererat tali persahabatan kita dengan teman-teman sekelas.

3. Ngobrol, Bernyanyi dan bermain bersama teman
Saat jam kosong tidak ada salahnya kita isi dengan menghibur diri sendiri dan orang lain seperti bernyanyi , bermain serta ngobrol bersama teman-teman. Mulailah menghidupkan suasana kelas dengan obrolan yang hangat dan mengasyikkan dengan teman-teman. Topik pembicaraannya pun luas. Kita dapat membicarakan masalah film terbaru, buku terbaru, dan lain sebagainya. Asal jangan membicarakan orang lain yang ada di dekat kita sehingga ia mendengarnya. Contoh : “ Wah,,,si A itu nyebahi tenan…blablabla…. “ .
Padahal waktu itu, si A ada tepat di samping kita. Yah, apa boleh buat?? Bersiap-siaplah memberikan proteksi ekstra pada diri kita saat si A tersebut melemparkan piring atau gelas pada kita…hehhehe……( lebay mode on ).
Bagi yang senang bernyanyi, silakan berkaraoke di dalam kelas dengan syarat-syarat terlampir di bawah ini:
1. Menyanyilah dengan suara yang bisa didengarkan dengan baik dan tidak merusak gendang telinga.
2. Kalau bisa, nyanyikan lagu yang dikenal banyak orang, sehingga dapat ikut dinyanyikan teman-teman di kelas.
3. Menyanyilah dengan volume suara yang sewajarnya sehingga tidak mengganggu kelas lain yang sedang pelajaran.
Dan bagi kalian yang ingin mengisi waktu dengan bermain, ajaklah teman-teman yang lian untuk bermain sehingga akan lebih seru. Ada beragam alternative permainan yang dapat dilakukan di dalam kelas antara lain permainan kartu, permainan sobyong, 3 jadi, dll. Untuk permainan outdoor seperti basket dan futsal dapat dilakukan di lapangan basket, lapangan voli dan lapangan sepak bola. Tidak ada salahnya jika kita bermain saat jam pelajaran kosong. Karena dengan bermain , kita dapat mengistirahatkan sejenak otakku kita yang telah terkuras saat pelajaran. Selain itu, kita juga dapat menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan jika kita menyeimbangkan antara kegiatan berpikir dan bermain.

4. Mengurus organisasi
Organisasi,,,,organisasi dan organisasi. Semua civitas akademika SMA pasti tidak pernah lepas dari kegiatan organisasi. Terlebih lagi pada Sekolah Menengah Atas yang notabene murid-muridnya SO ( Suka Organisasi ). Kegiatan organisasi sangat mengasyikkan dan bermanfaat namun juga menyita banyak waktu. Maka, tak ada salahnya jika waktu jam pelajaran kosong kita manfaatkan untuk mengurus organisasi seperti menyusun proposal kegiatan, rapat , dll . Namun, kegiatan tersebut harus tetap dilakukan di dalam lingkup sekolah. Misalnya,anggota SIGMA mengurus Steeping Stone di Planet, anggota NP mengurus Pagelaran di Studio, anggota THA mengurus Kanigoro di Roeang dan anggota Scout mengurus ODT di Sanggar. Untuk kegiatan di luar lingkungan sekolah seperti permohonan sponsor harus memakai surat sebagai bukti izin.

5. Jajan di kantin
Jika sudah terdengar nyanyian dari perut kita pertanda perut kita lapar, jajanlah di kantin sekolah bersama teman-teman. Jajan di kantin seraya bercanda tertawa dengan teman-teman akan memberi suasana yang baru karena kita di luar kelas. Selain itu, di kantin kita dapat melihat aksi cowok2 Teladan yang keren dalam bermain basket atau futsal di lapbas ( hehehe,,, ini mah yang diuntungkan ya kaum Hawa ). Dan juga kita dapat mendengarkan alunan merdu karawitan dari ruang karawitan yang hanya berada di sebelah barat kantin dekat lapbas.

Yap, itu tadi adalah lima dari beragam alternarif kegiatan positif yang dapat dilakukan saat jam pelajaran kosong. Masih banyak sekali hal positif untuk membunuh waktu saat jam kosong yang tak dapat aku sebutkan satu per satu. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: